15 Mei 2009

SOMPYO! A..B...C...D...E...F......

SOMPYO! A..B...C...D...E...F......


Ya, tadi pagi-pagi sekali aku lihat televisi. tak ada acara yang menarik. berita2 masih sputar Antasari.

Infotainment? tak pernah ada yang menarik dari acara ini.

Iseng-iseng, kutonton saja iklan-iklan. Ya ketika acara stasiun televisi 1 mulai, aku ganti stasiun yang lain yang memutar iklan, begitu seterusnya. cukup menarik ternyata iklan2 itu. Sampai saat ini Secara Subyektif, iklan yang paling saya sukai adalah iklan coklat Tim-Tam yang meniru gaya iklan pembersih muka dengan semboyannya: "Mencerahkan muka anda hanya dengan sekai gigitan".

Bosan.
Kubuka jendela kamar yang telah sesak oleh aroma obat. Anak2 kecil bermain di koridor. SOMPYO....A..B...C...D...E...F...G..H!
:Harimau!" anak yang paling besar cepat menyahut.
anak yang lain berpikir lama dan tak ada jawaban. Mereka mendapat hukuman. Ah, lucu sekali mereka. Hukumannya mengajak salaman suster-suster itu.

Barangkali nama hewan berawalan huruf 'H' sangat sedikit bagi mereka. Atau semakin sedikit saja hewan2 yang ada di bumi ini. Entahlah.

Mereka, anak2 kecil yang barangkali orang tuanya tertancap infus itu, kembali membentuk lingkaran dan bermain lagi. SOMPYO....A..B...C...D...E...F...G..H..I..J!

"Jeruk!" oh rupanya kini nama buah2an.
hanya satu buah yang terjawab. Lagi2 yang lain terhukum.

Iklan-iklan ditelevisi kembali menggodaku. Tapi tak lama, sebab anak2 kecil itu masih kuat menarik perhatianku.

"Saiki iklan wae yo? sing gampang." (sekarang iklan aja ya? yang gampang) ujar salah satunya. yang sedari tadi kena hukuman.
SOMPYO....A..B...C...D...E...F...G..H....................tak sempat aku mengikuti sampai akhir ejaan itu. sebab tiba2 pikiranku terbagi 2. Iklan dan anak2 itu.

Lalu kudapati mereka dengan mudah menyebutkan iklan2. Tawa mereka, cubitan, colekan, dan seterusnya dan seterusnya...indah sekali.

Tapi diam2 aku menangis dalam hati.Kasihan anak2 itu. Pemilik modal, Kapitalisme, telah mencuci otak mereka..

Iklan > flora+fauna, moral=0

Sementara rumus itu yang kudapat hari ini. Semoga aku salah.

KETERANGAN:
SOMPYO: adalah semacam permainan. pertama ditentukan kategori, misal: nama hewan. lalu mereka akan menjatuhkan jari2 mereka bersamaan dengan jumlah sesuka hati sambil berucap SOMPYO!
satu dari mereka mengitungnya dengan abjad. jari terakhir adalah abjad depan nama hewan tadi. Siapa yang paling cepat mendapatkan jawaban dia yang menang. yang terlambat atau tak bisa sama sekali akan kena hukuman.

Kelompok musik nakal Rendy Jerk menggarap Sompyo menjadi musik yang menarik dalam bahasa Jawa silakan dengarkan di sini: http://www38.indowebster.com/832fd040a8a085c2dc703a236773e043.mp3

gambar dari sini

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR DI BLOG INI. APA YANG ANDA PIKIRKAN SOAL TULISAN SAYA TADI?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More