11 Jan 2010

LABKOM MIPA UNS 'BERCERAI' DENGAN INTERNET


//tulisan ini dimuat di kumdarurat.com atas ijin secara langsung oleh penulis. //

MULAI SAAT INI LABKOM TIDAK TERKONEKSI DENGAN INTERNET
 Oleh Dukut Wahyu Nugroho


Kurang lebih seperti itulah tulisan yang tertempel di beberapa Lab Komputer MIPA Lantai 2. Kejadian ini merupakan hal yang sangat mengejutkan bagi seluruh mahasiswa di MIPA, khususnya mahasiswa D3 Imu Komputer. Dikarenakan Lab komputer yang notabene digunakan mereka setiap hari, sekarang tidak akan terkoneksi internet. Cukup ironis memang.

Dari kalimat yang tertempel terdapat 3 kata “MULAI SAAT INI”. Nah kata-kata itu yang menarik untuk ditelusur. Karena 3 kata tersebut dapat berarti selama-lamanya Lab komputer tidak akan pernah terkoneksi internet. Dan itu memang benar, menurut salah satu Asisten Lab yang ditemui di Lab Sevice pada hari Jumat (8/1). Ia mengatakan bahwa Lab komputer yang ada dilantai 2 gedung A dalam waktu yang sangat lama tidak akan terkoneksi internet. Dia juga menegaskan bahwa putusnya koneksi internet di lab komputer juga akan terjadi pada adik tingkat kita dan mungkin selama-lamanya. Dari pernyataan Asisten Lab tersebut jelas sudah bahwa mahasiswa tidak akan pernah merasakan nikmatnya browsing internet di Lab komputer sambil mendengar ceramah dari Dosen. Cukup tragis memang.

Akan tetapi saya tidak berhenti begitu saja, saya mulai bertanya lebih jauh tentang kejadian ini. Usut punya usut rupanya kronologis pemutusan koneksi internet sudah di rencanakan sejak setahun yang lalu. Bayangkan (Jangan bayangpun atau banyanglah ), kejadian ini sudah di siapkan setahun yang lalu. Ini memang suatu hal yang sangat mengagetkan . Cukup miris memang.

Dalam hal ini AssLab lah yang akan kena imbasnya. Mereka mungkin akan mendapat sindiran yang luar biasa dari mahasiswa lain. Ya, terutama Mahasiswa D3 Imu Komputer, karena dapat dikatakan merekalah penyumbang terbesar di lab komputer MIPA (mungkin). AssLab juga tidak bisa disalahkan secara penuh, dikarenakan mereka ini hanya mendengarkan dan menjalankan perintah dari atasan (berani nantang, nggak dapat makan siang). Dan mungkin bagi mereka tidak ada waktu lagi untuk berdemokrasi dihadapan atasan. Tidak terlalu menyedihkan memang.

Lalu muncul pertanyaan dalam benak saya, “Lantas mau dikemanakan Koneksi Internet?”,”Apakah akan hilang layaknya Aliran Dana di Bank Century ?”. AssLab mengatakan bahwa untuk koneksi internet nantinya akan disalurkan dalam bentuk Hotspot Area. Dimana sinyalnya ini akan dipancarkan seluruh MIPA tanpa Password. Dan rencananya akan dibuat suatu antenna omni yang akan memancarkannya. Lalu juga ada kemungkinan lain yaitu, akan dibuat AP-AP dibeberapa tempat. Hal itu masih dalam tahap perencanaan, ujar Aslab tersebut.

Tidak cuma disitu saja program penggantinya, akan tetapi ternyata masih ada program tambahan lain yang diperkenalkan LABKOM, yaitu pembuatan SAT MIPA. Dimana lokasi tersebut berada pada SAT Matematika (saat ini) dan Perpus. SAT ini nantinya gratis digunakan alias tidak berbayar, dan untuk pembagiannya nanti akan di serahkan ke HMJ (ini masih simpan siur alias Gosip).

Jika program ini memang benar-benar berjalan penuh, maka fungsi LAB hanya difokuskan untuk belajar bagi mahasiswa. Mungkin dengan adanya program tersebut akan meningkatkan fokus mahasiwa terhadap proses perkuliahan (Jika tidak mati kebosanan terlebih dahulu). Dengan begitu tidak ada cerintanya lagi Facebookan di LAB pada waktu perkuliahan. Lantas kemana larinya kesibukan mereka kalau tidak NgeGame. Inilah mungkin dampak dari pemutusan koneksi. Siap-siap saja, tidak perlu menunggu waktu lama, pasti Drive Data akan berisi game-game kecil sampai game-game besar.(Bukan bermaksud memanas-manasi ).

Bagi saya kejadian diatas memang ada benarnya. Yaitu menfokuskan mahasiswa belajar dalam LAB. Akan tetapi saya tidak terlalu setuju dengan dua program penggantinya. Dikarenakan untuk program WIFI, hanya bisa di nikmati oleh para pengguna Laptop, itu pun yang menggunakan bisa diluar D3 Imu Komputer, atau bahkan diluar MIPA. Lalu Program selanjutnya pengadaan SAT, program ini semakin tidak adil, Dikarenakan jumlah Komputer di SAT yang sedikit dan penggunaanya bisa jadi tidak terkontrol, dalam artian sesuka hatinya. Karena tidak ada batasan waktu bagi mereka. Semoga saja para petinggi lab menciptakan suatu kebijakan yang adil dan beradab serta berperi kemanusiaan.

Ternyata kejadian ini bertepatan langsung dengan Regristasi Mahasiswa, lalu beberapa mahasiswa sempat berfikir untuk pengurangan jumlah pembayaran LAB, dikarenakan fasilitasnya telah berkurang. Bagi mereka lebih baik tidak ada koneksi sekalian daripada hanya ada Hotspot Area dan SAT, asal biaya lab turun (Siapa yang akan mendengar keluhan mereka). Tapi itu hanya pikiran meraka saja, lantas bagi mahasiswa lain dan Anda?????? ^_^ (DWN)

6 komentar:

KETERANGAN LANGSUNG DARI PENGELOLA LABKOM MIPA dapat dilihat disini : http://www.facebook.com/group.php?v=app_2373072738&gid=114927812226#/topic.php?uid=114927812226&topic=12331

keterlaluan... jangan-jangan mahasiswanya telat bayar biaya kuliahnya kaleeee

Rasanya.... Artikel ini dari orang yang suka bercanda.. tapi mengena

Hahaha. ..
Mau DIbawa Kemana UNS?
Bubarkan saja UNS
Gitu aja kok repot

menurut saya, sebagai makasiswa teladan..kususnya d d3-ilkomp.,he.. Memang benar jika internet d lab cukup mengganggu mhasiswa saat kuliah berlangsung...sesuai dengan pengalaman kuliah saya di d3-ilkomp UNS. Banyak teman2 yang jadi g fokus...dan hanya nongkrongin fesbuk ato FS, trus klo dosennya lewat tinggal di MINIMIZE...he,,benar2 tdk efektif...

kalo wifi, mungkin kurang pas...krn hanya golongan elit yang menikmati.
tapi kalo sat, menurut saya ok!
tinggal dibuat sistemNya aja, seperti misalnya: Setiap mahasiswa mendapat kuota beberapa jam per semester untuk memakai fasilitas SAT...dan ada penggunaan maksimal (misalnya maksimal pemakaian 1 jam) biar yang lain dapat bagian. Tinggal bagaimana kita mengelola manajemennya...kita orang IT pasti lebih berkompeten dalam hal ini

Dengan begitu, mahasiswa bisa tenang belajar di LAB, dan kegiatan belajar ataupun fesbuk bisa terarah...

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR DI BLOG INI. APA YANG ANDA PIKIRKAN SOAL TULISAN SAYA TADI?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More