1 Jun 2010

Danang Rosyid - Saya Rugi Lebih Dari 50 Ribu Kalau Berangkat Kuliah

Jalan-jalan ke Kabupaten Sukoharjo maka kita akan menemukan sebuah desa yang penduduknya mayoritas bekerja sebagai pengrajin meubel. Desa itu adalah Tempuran, Bulakan, Sukoharjo. Kawan saya yang saya kenal dari Kelompok Teater Gadhang FE UNS, Danang Rosyid, tinggal di desa tersebut. Tepatnya di Tempuran RT 03/06 Bulakan Sukoharjo. Keluarganya hidup dari meubel. Tentu saja Danang Rosyid boleh dibilang ahli dalam hal ini. 

Waktu itu sengaja berkunjung ke rumahnya sekedar untuk bersilaturahmi. Keluarganya sangat ramah dan sangat bersahaja. Ketika itu mereka sedang mengerjakan satu set Kursi Swan pesanan dari luar kota. Tangan Rosyid, begitu sapaan akrabnya, yang sangat lihai memainkan pahat, menarik perhatian saya. Sekitar setengah jam saya melihat lelaki muda kelahiran 02 Juni 1989 itu mempermak papan kayu menjadi sebuah ukiran sambil ngobrol ngalor ngidul.

Saya pun sempat diajari membuat tulian sederhana dari kayu. Mendesain, mrmotong, memahat, dan mengukir. Tentu saja hasilnya tak sebagus bikinan ahlinya. Tapi lumayanlah untuk ukuran newbie.  :)
Silakan lihat buktinya dulu.
Gusmel Beraksi


Jadi, memang sumber penghidupan utama keluarga itu adalah membuat meubel. Rosyid sejak kecil sudah belajar memahat. Sudah bisa mencari uang dengan keahliannya itu. Bahkan dia sempat mengaku rugi lebih dari 50 ribu tiap berangkat kuliah.

"Sebenarnya tiap hari saya bisa menghasilkan paling tidak 50 ribu kalau saya bekerja di rumah membantu bapak. Kalau berangkat kuliah saya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hasil itu, belum lagi bensin dan makan. Tapi gimana lagi Mas, yang namanya kewajiban ya harus dilakoni to, Mas?. Orang tua saya kan pengen anaknya jadi 'orang'. Tidak ndeprok (berdiam diri-gus) di rumah terus, " ujar mahasiswa D3 Bisnis Internasioanl UNS yang tinggal menunggu wisuda tersebut.
Salah Satu Produk Karya Cipta Furniture

Dan nasib memang sudah digariskan, manusia hanya perlu memilih dan menekuni. Kuliah Rosyid tersebut memang tak selamanya merugikan, sebab dari kuliahnya itu dia diajari membuat blog. Nah, yang menarik adalah dari blog tugas kampus yang dia namai http://karyaciptafurniture.blogspot.com/ itu pernah mendatangkan pelanggan. Hal ini tentu tak pernah disangkanya sama sekali. 
Kursi Hoki

"Waktu itu ada orang telepon saya, Mas. Orang Jakarta mau pesen satu set kursi Swan. Pas saya tanya, kok tau nomor saya dari mana, dia jawab katanya dari blog saya. Nah, mualai saat itu saya mulai percaya dengan kekuatan blog untuk marketing, meskipun blog gratisan," terang Rosyid

Pengalaman ini semoga menjadi inspirasi penulis untuk terus ngeblog :)

NB: Tulisan ini di posting ketika Danang Rosyid berulang tahun yang ke 21. Selamat Ulang Tahun mas Rosyid.


DANANG ROSYID
Bidang Usaha: Meubel Kayu Sono Keling
Alamat:  Tempuran RT 03/06 Bulakan Sukoharjo
Tempat Tanggal Lahir:  Sukoharjo, 02 Juni 1989
Email: rosyid_danang@yahoo.co.id
FacebookDanang Rosyid
No HP: 085647570602
Deskripsi Usaha: Karya Cipta kurniture merupakan prudusen mebel & handycraft yang berkualitas tinggi dalam penyediaan bahan baku, Karya Cipta Furniture sangat mempertimbangkan dalam penyediaan bahan baku. Berbagai produk furniture & handycraft yang inovatif telah lahir disini, meja, kursi, almari, figura tempat tidur dan berbagai komoditas furniture & handycraft lainnya. Karya cipta furniture memiliki berbagai produk unggulan dengan design klasik, antik dan memiliki corak & ciri khas tersendiri. Karya Cipta Furniture memberikan fasilitas kepada konsumen yang memesan produk yang unik sesuai keinginan, dengan memberikan spesifikasi produk tersebut, kemudian Karya Cipta Furniture akan memberikan estimasi dana, waktu pengiriman& ketentuan lainnya.


6 komentar:

kapan saya direpiu mas ?
tak tunggu ya D

cah oq ra ndue kesel....<<seneng kui (like this :D)

mampir....tapi bingung meh komen opo...:)

@ Thedarz: Terimakasih sudah mampir.
@Rinu: masukkan saja proposalnya pak.. hehehe
@: Sitey: Terimakasih sudah mampir.
@Anonim: Terimakasih sudah mampir.

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR DI BLOG INI. APA YANG ANDA PIKIRKAN SOAL TULISAN SAYA TADI?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More