16 Nov 2009

Karanganyar Expo 2009 Sepi

Sepi Produk
Karanganyar Expo 2009 baru saja usai tanggal 15 November kemarin. Expo yang diselenggarakan oleh DISPERINDAGKOP UKM ini dalam rangka hari jadi Kabupaten Karanganyar ke-92. Mulai tanggal 11 hingga 15 November 2009, para pengusaha se Kabupaten Karanganyar diberi kesempatan untuk memamerkan produknya. Dari segi pengunjung boleh dibilang ramai akan tetapi produk yang dipamerkan terkesan sepi.

Produk didominasi oleh pakaian dan batik. Itu pun juga dapat dihitung dengan jari. Bahkan, stand Sanggar Bima milik Ki Manteb Sudarsono sang dalang kondang itu juga menjual batik. Padahal dalam pikiran saya Sanggar Bima akan mengangkat tema tentang wayang. Sebab, ini akan menjadi menarik dan unik ketika melihat stand yang hanya menjual yang itu-itu saja.
Saya memakai istilah yang itu-itu saja karena memang kita bisa mendapatkan produk itu di tempat lain yang 'biasa' semisal di pasar, mall, dsb. Tak harus menggelar expo.

Harga Mahal
Seorang pengunjung ketika saya tanya, beli apa, dia menjawab malu-malu, "Harganya mahal-mahal mas!"

Ya, seperti pendapat saya juga. Saya bisa mendapat harga yang jauh lebih murah di tempat lain (yang bukan expo). Saya jadi heran, lalu untuk apa ada expo? Padahal di expo itu seharusnya para pengusaha tersebut bersaing harga untuk mendapatkan omset yang sebesar-besarnya. Mungkin ada penyebab lain kenapa para penjual mematok harga segitu. Harga kios yang mahal kah?

Optimalkan Produk Lokal
Saya berharap expo yang akan datang akan lebih mengekplorasi produk-produk lokal khas Karanganyar. Sebab seperti kita tahu, Karanganyar kaya akan industri kecil yang khas. Bahkan pengusaha besarpun layak untuk tampil di ajang expo ini mengingat Karanganyar berani memakai brand negeri intanpari ( industri pertanian dan pariwisata).

Komunitas Nampang di Expo
Ada yang menarik, Karanganyar Expo 2009 kedatangan mahasiswa UGM yang tergabung dalam KASKAGAMA (semacam kumpulan mahasiswa UGM asal Karanganyar). Mereka memamerkan hasil karya mereka antara lain berbagai robot, obat-obatan hasil penelitian dan lain sebagainya.

Ada juga Karanganyar Facebook Community (KFC). Mereka menawarkan merchandise, kaos KFC, dan konsultasi seputar FB, WEB, dan BLOG.

Semoga, Karanganyarku semakin maju, tenteram tak berarti tinggal diam.



6 komentar:

wa...saia sering liwat karanganyar kok gak pernah tahu ya...? hiks... (dulu tahun 2001)

kagak ada fasilitas hotspot lagi :((

moga2 tahun depan ada :)

ternyata ada expo di karanganyar to???

harusnya expo itu menjual harga lebih murah.. sekaligus mempromosikan produknya kemasyarakat...
wah ternyata juga buka stand ya kang..

@gajah: iya nanti saya usulkan biar tahun 2001 diadakan expo, biar ntara saya bisa ngabari panjenengan.

@raiderhost: untungnya ada fasilitas modem... hahahahah, (swadaya)

@Ciwir: ada kok ternyata, aneh ya?

@wibisino: nggak, saya hanya pengunjung saja kok.. hehehehe teman2 tuh yang buka stand..

semoga dengan kekurangan ini karanganyar expo tahun depan akan lebih baik dari segala aspek

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR DI BLOG INI. APA YANG ANDA PIKIRKAN SOAL TULISAN SAYA TADI?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More